Perbedaan Teks Deskripsi Dan Teks Laporan Hasil Observasi | Perbandingan Teks Deskripsi Dan Teks Lho | Smp Pilpay

Teks LHO alias Teks Laporan Hasil Observasi merupakan Keliru satu jenis teks yg dipelajari di sekolah (SMP/MTs) khususnya di semester satu kelas 7 (VII). Materi teks Laporan Hasil Observasi menempati serpihan keempat setelah Teks Deskripsi , Teks Cerita Fantasi , dan Teks Prosedur.

Masing-masing jenis teks di atas mempunyai ciri khas , mislnya teks deskripsi , ada majas atau cerapan yg seakan-bakal kita ikut merasakan sendiri keadaan dalam teks tersebut. Dalam teks dongeng fantasi ,ada daya khayalnya. Kemudian dalam teks prosedur yg paling tampak mencolok ialah adalanya urutan langkah-langkahnya.

Sekilas antara teks deskripsi dan teks laporan hasil observasi mempunyai kemiripan. Yaitu sama-sama mengulas sebuah objek.

Misalnya dalam teks teks deskripsi dibahas ihwal kucing , maka dalam teks laporan hasil observasi juga dibahas ihwal kucing. Perbedaan , dalam teks laporan hasil observasi kucing yg dibahas bukan kucing khusus (satu kucing) namun kucing seCaranya umum.

Dilihat dari segi judulnya , mampu sangat jauh. Misalnya teks laporan hasil observasi yg mengulas ihwal kucing diberi judul "Kucing". Sementara dalam teks deskripsi , diberi judul "Kucingku Menggemaskan". Dari judul ini sudah sangat tampak perbedaan antara teks deskripsi dan teks laporan hasil observasi. yg dibahas dalam Teks Deskripsi hanyalah 'kucingku'. Maka yg dijelaskan juga hanya satu kucing saja. Sementara dalam teks 'Kucing' yg dibahas ialah jenis kucing seCaranya umum.

Dalam judul teks deskripsi , biasanya dilekatkan pula sifat dari objek yg dibahas. Misalnya dalam rujukan tadi , sifat kucing yg 'menggemaskan' dimunculkan dalam judul. Begitu pula dengan contoh-contoh yg lain , "Ayah Panutanku"; "Kelinciku yg lucu" ; "Pantai Senggigi nan Indah"; "Pesona Pantai Parangtritis" dan seterusnya.


Dalam judul-judul teks deskripsi di atas , mampu diketahui masing-masing judul sudah memunculkan sifat dari objek yg dibahas , ialah ayah yg mampu menjadi panutan , kelinci yg mempunyai sifat lucu , pantai senggigi yg indah , serta parang tritis yg memesona.

Bedakan dengan judul-judul teks Laporan Hasil Observasi alias LHO berikut ini; Museum; Hutan Bakau; Manggis; Kucing; Kunang-Kunang. Dalam judul-judul teks LHO tersebut yg dibahas ialah objek utama , atau topik utama saja.


Bahasa yg digunakan ialah bahasa ilmiah , ini dalam teks laporan hasil observasi. Sementara dalam teks deskripsi bahasa yg digunakan adaah bahasa baku ragam percakapan. Sehingga mampu memunculkan 'penulis' dalam teks deskripsi. Misalnya dalam teks deskripsi memungkinkan ada kalimat , "Saat kita memasuki bibir pantai , kita bakal disambut angin sepoi-sepoi". Penggunaan kata ganti 'kita' mengatakan penulis terlibat dalam cerita. Sementara dalam teks laporan hasil observasi penulis sama sekali tidak terlibat dalam teks.

Perbedaan selanjutnya , dalam teks laporan hasil observasi tidak ada cerapan , adapun penggambarannya ialah langsung sementara dalam teks deskripsi digambarkan dengan Caranya membandingkan.

Contoh kalimat dalam teks deskripsi: "Bulunya halus lembut ibarat kapas putih." Bandigkan dengan teks Laporan hasil observasi yg mempunyai kesamaan objek namun kalimatnya tidak sama. "Kelinci mempunyai bulu yg halus di sekujur tubuhnya."

Dari segi struktur teksnya , ada pula persamaan dan perbedaan antara teks laporan hasil observasi dan teks deskripsi. Struktur teks deskripsi ialah Identifikasi; Deskripsi Bagian; Kesan Umum; Sementara dalam teks Laporan Hasil Observasi , strukturnya ialah Deskripsi Umum; Deskripsi bagian; Simpulan.

Dalam teks LHO dan Teks Deskripsi , serpihan yg mau dibahas mampu lebih dari satu. Sama. Misalnya teks Pantai Senggigi , serpihan yg dibahas ialah serpihan pantai , maritim , pengunjung , dan tempat parkirnya. Dalam teks LHO yg mampu menjadi serpihan yg dibahas misalnya fungsi , jenis pantai , kegunaan pantai , pemanfaatan pantai. Jadi , tidak bersifat fisik melainkan bersifat teoritis.

Struktur yg terakhir juga sangat tidak sama. Jika teks deskripsi ditutup dengan kesan umum maka dalam teks laporan hasil observasi , teks ditutup dengan kesimpulan.

Demikian sedikit penjelasan ihwal perbedaan dan persamaan antara teks laporan hasil observasi dan teks deskripsi.

Subscribe to receive free email updates:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perbedaan Teks Deskripsi Dan Teks Laporan Hasil Observasi | Perbandingan Teks Deskripsi Dan Teks Lho | Smp Pilpay"

Post a Comment