Makna Jenitri Ganitri (Genitri) Dan Mitos Serta Faktanya | Smp Pilpay

Tulisan ini saya buat alasannya yaitu ada tetangga yg mengatakan sebuah obat langka dan berkhasiat. Kata langka dan berkhasiat adalah kata yg digunakan oleh tetangga tersebut. Memang , orang anyir tanah sedang sakit , jadi masuk nalar saja Jika ada yg mengatakan obat langka dan berkhasiat untuk bapak kepada saya.

Obat itu disebut genitri , dalam istilah lain disebut juga ganitri , jenitri , rudraksha ,  bahasa latinnya adalah Elaeocarpus Ganitrus. Tentu saya tahu istilah ini dari penelusuran mendalam melalui mesin pencari google. 


Saat pertama kali saya mencari dengan kata kunci jenitri yg muncul yaitu blog kesehatan yg muncul 'numpang' domain ke blogspot. Sama juga dengan blog ini. Masih numpang. Karena masih numpang itulah sanggup diandalkan (karena ini wacana kesehatan) informasi tersebut tidak sanggup diterima sepenuhnya. Lalu bagaimana blog ini? Silahkan pembaca yg menilai. Hehehehe.

Menurut saya , informasi yg berkaitan dengan kesehatan , apalagi dibumbui dengan nominal harga yg fantastis , maka perlu dikonfirmasi melalui sumber yg kredibel. Jika sekadar tumpuan pantun dan Makna bahasa , saya rasa blog yg numpang di blogspot semaca ini masih sanggup dipercaya. Cie membela diri.

Pada dasarnya saya termasuk orang yg sangat anti pada hoaks , bukan sekadar tidak percaya , tapi saya mau bersusah-susah untuk mencari informasi valid wacana sebuah informasi hoaks kemudian menangkal informasi hoaks tersebut kemudian menyebar informasi valid kepada sobat yg menyebar informasi hoaks.

Nah , saya posisikan jenitri dan nama lainnya tersebut sebagai 'terduga hoaks'. Maka saya mencari informasi yg cukup mendalam. Dalam beberapa blog yg muncul saat saya menulis kata kunci jenitri , yaitu blog yg 'miskin' informasi. Isinya sama , wacana manfaat yg sangat uwow! , hasil penelitian profesor India , dan jenis-jenis jenitri. Jelas saja , saya tidak eksklusif percaya.

Untuk mencari bandingan , saya gunakan kata kunci 'Ganitri Wikipedia' maka yg muncul yaitu penjelasan 'Ganitri' dalam wikipedia berbahasa Indonesia. Dalam wikipedia berbahasa Indonesia , ditulis 'Jenitri'. Penjelasannya sangat terbatas:

Jenitri (Elaeocarpus ganitrus) yaitu pohon yg termasuk suku Elaeocarpaceae. Buahnya berwarna ungu dengan biji yg cukup besar dan biasa digunakan sebagai manik-manik penyusun perhiasan. Kayunya mempunyai nilai ekonomi tinggi. -- Wikipedia Bahasa Indonesia

Meskipun ensiklopedia bebas , setidaknya informasi dalam wikipedia lebih sanggup diandalkan dari pada blog abal-abal.

Karena informasi yg sangat terbatas , maka saya gunakan kata kunci nama latinnya dan dipadukan dengan wikipedia. Maka yg ditawarkan oleh google yaitu informasi dari wikipedia berbahasa inggris. Dalam wikipedia berbahasa Inggris tersebut , terdapat informasi wacana ganitri yg lebih Komplit.

Makna Kata

Dalam wikipedia berbahasa Inggris , dijelaskan berkaitan dengan nama Ganitri. Ditemukan di India , di lokasi fatwa sungai Gangga yg bersumber dari pegunungan Himalaya. Karena ditemukan di India , maka istilah yg digunakan untuk menyebut biji ini juga berasal dari bahasa Sanskerta , yaitu rudraksha. SeCaranya etimologis , rudraksha berasal dari dua akar kata yaitu rudra dan aksha. Rudra merujuk pada Siwa (shiva). Sementara kata aksha berMakna tear drops. Jadi seCaranya sederhana , rudraksha alias ganitri , jenitri , janitri , bisa disebut sebagai air mata yg kuasa Siwa. 

Sementara kata ganitri adalah penyebutan spesies tanaman ini yg terdapat di Nepal , Melayu , dan Sunda. BerMakna , tidak hanya ditemukan di India. Ganitri dan Jenitri ini juga ditemukan di sepanjang asia selatan hingga asia tenggara dan melanesia (papua) dan Australia.

Penamaan rudraksha berkaitan dekat dengan tradisi dan agama yg ada di India. Kaprikornus , buah ini dipercaya sebagai air mata yg kuasa Siwa.

Untuk lebih lengkapnya , silahkan baca sendiri pengertiannya di Elaeocarpus Ganitrus di Wikipedia ini.

Hasil Penelitian Saya wacana Ganitri

Tentu yg saya maksud dengan hasil penelitian adalah hasil penglihatan dan pencarian informasi dari google. Saya pikir ini juga hasil penglihatan , saya kan mengamati informasi dari google , tapi hasil penglihatan saya wacana ganitri , bukanlah hasil penglihatan atau hasil penelitian yg ilmiah.

Banyak ukiran pena di blog yg menyebut , 'berdasarkan penelitan Dr. Suhas Roy'. Nah setelah saya teliti , dan cari ternyata Suhas Roy yaitu tidak ada di Benaras Hindu University. Saya kombinasikan beberapa kata kunci yg berkaitan dengan keduanya. Tidak sanggup saya temukan. Apalagi saat saya tulis , jenitri , atau rudraksha. yg muncul justru blog Indonesia.

Apakah Khasiat Genitri ini hoaks? Saya masih belum sanggup menyimpulkan ke situ. Tapi , berdasarkan jurnal riset yg saya baca Lihat di sini dan di sini 

Ganitri memang mempunyai kandungan senyawa kimia yg bermanfaat bagi tubuh manusi. Tapi sekali lagi peneliti dalam jurnal online yg saya temukan tersebut bukanlah Dr Suhas Roy apalagi Dr Sanjoy Roy.

Tambahan

Tambahan lagi , ternyata Gantiri itu bukan barang langka , alasannya yaitu banyak yg mengatakan di media. Bahkan ada yg jual di lazada , berbentuk tasbih dan aksesoris. Bisa dicicil pula di lazada. Dan , balasannya saya tidak jadi beli dari tetangga.

Subscribe to receive free email updates:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makna Jenitri Ganitri (Genitri) Dan Mitos Serta Faktanya | Smp Pilpay"

Post a Comment