Penemuan Biopori Dan Asal-Usul Istilah Serta Makna Katanya | Smp Pilpay

Biopori yakni buah karya peneliti Indonesia. Biopori yakni teknologi terapan sederhana yg dicetuskan oleh Dr. Kamir Raizudin Brata yg lebih dikenal dengan nama Kamir R Brata. Peneliti ini bekerja sebagai peneliti di Departemen Ilmu Tanah dan Sumber Daya Lahan , Fakultas Pertanian di Institut Pertanian Bogor.

Pada mulanya , teknologi sederhana ini tidak disebut sebagai biopori , melainkan Mulsa Vertikal (vertical mulch). Yaitu sebuah Caranya untuk menjaga keadaan tanah supaya tetap mampu mendukung daya guna lahan sebagai lahan pertanian.

Makara , tujuan utama membuat biopori yakni menjaga keadaan tanah supaya tetap mampu dalam kondiri baik. Dalam Maknakel sebelumnya Urutan Langkah Membuat Biopori yg Benar telah dijelaskan Caranya membuat biopori , sehingga tidak perlu lagi dijelaskan Caranyanya di sini. yg perlu dijelaskan yakni Caranya kerjanya.

Caranya kerja biopori yakni memungkinkan adanya rongga di tanah , adalah pori-pori tanah. Pori-pori tanah ini tercipta oleh fauna tanah (cacing dan sebagainya) yg mendapatkan asupan masakan dari sampah organik yg ditimbuh ke dalam tanah , yg dimasukkan ke dalam lubang biopori.

Fauna-fauna tanah bakal dengan sendirinya membuat rongga tanah untuk bertahan hidup. supaya mereka tetap hidup maka disediakan sumber makanan. Jika awalnya sumber masakan bagi fauna tanah ada di permukaan , sumber masakan diletakkan lebih dalam lagi , sekitar 100 cm ke dalam tanah dalam posisi vertikal.

Penelitian tentang mulsa vertikal ini sudah dilakukan sejak 1992 , bakal tetapi istilah biopori berkembang dan digunakan sejak 2007 Saat Jakarta mengalami banjir besar. Pada Saat itu , banyak pihak yg mencari Caranya mengatasi banjir di Jakarta. Maka , ditemukan Keliru satu Caranya mengurang dampak banjir adalah mulsa vertikal. Karena istilah ini cukup ajaib dan terlalu panjang , maka diusulkan oleh pihak media dengan menyebutnya sebagai Biopori. Kamir R. Brata menyetujui usulan tersebut , maka istilah biopori berkembang dan dikenal luas.

Makara , bukan sekadar 'mulsa vertikal' istilah biopori lebih mengacu ke tujuan utama penerapan teknologi ini adalah 'menciptakan pori-pori tanah'. yg dalam proses pembuatan pori-pori tanah tersebut dibantu oleh makhluk hidup (fauna tanah) yg habitatanya di dalam tanah. Saat fauna tanah ini hidup , maka bakal ada rongga tanah-rongga tanah yg membuat keseimbangan tanah.

Adanya biopori yg juga menghasilkan pori-pori di dalam tanah mampu mengatasi beberapa dilema , sehingga mempunyai manfaat antara lain sebagai berikut:

 - Penyerapan genangan air
 - Penyuburan tanah (dari sampah organik/kompos dan organisme yg ada di dalam tanah)
 - Penanggulangan kekeringan di waktu animo kemarau
 - Pengurangan sampah organik

Sudah terang tentang pengertian dan asal-usul istilah biopori? Indonesia keren ya....

Subscribe to receive free email updates:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penemuan Biopori Dan Asal-Usul Istilah Serta Makna Katanya | Smp Pilpay"

Post a Comment