Contoh Teks Prosedur | Memperbaiki Dan Melengkapi Teks Prosedur 'Caranya Menciptakan Angklung' | Smp Pilpay

Kali ini kita bakal mengulas wacana acara melengkapi dan memperbaiki teks prosedur. Teks mekanisme yg bakal kita perbaiki dan lengkapi ialah jenis teks mekanisme Caranya membuat yg berjudul Caranya Membuat Angklung.

Maksud 'melengkapi' berMakna ada pecahan yg masih belum Komplit , masih belum ada. Selanjutnya Maksud dengan 'memperbaiki' berMakna ada kesalahan dalam sebuah teks mekanisme yg disajikan.

yg perlu diketahui dan diingat , sebuah teks mekanisme mempunyai dua jenis struktur , bergantung pada jenis teks prosedurnya. Jika teks mekanisme Caranya membuat maka strukturnya ada empat yaitu tujuan , bahan dan alat , langkah-langkah , dan penutup. Jika teks mekanisme Caranya melaksanakan maka hanya mempunyai empat pecahan struktur , yaitu tujuan , langkah , dan penutup. Bagian bahan dan alat tidak diperlukan dalam teks mekanisme Caranya melakukan.

Nah , Teks yg berjudul membuat angklung merupakan jenis teks mekanisme Caranya membuat , maka harus mempunyai empat struktur. Teks yg ada dalam buku paket pelajaran Bahasa Indonesia untuk SMP ini hanya mempunyai pecahan langkah-langkah yg terdiri dari tiga bagian. Makara , yg harus dilengkapi ialah pecahan tujuan , bahan dan alat , serta penutupnya.

Berikut ini hasil pelengkapan teks mekanisme Caranya membuat angklung.

Bagian Tujuan teks Membuat Angklung

Angklung ialah alat musik tradisional yg menjadi warisan budaya Indonesia. supaya lebih mengasihi dan meningkatkan rasa mempunyai , kita perlu belajar membuat alat musik angklung. Membuat angklung tidaklah sesulit yg dibayangkan. Membuat angklung itu gampang , mari ikuti langkah-langkahnya.

Bagian Bahan dan Alat teks Membuat Angklung.

Bahan:
Batang Bambu

Alat:
Gergaji
Pisau
Bor

Perbaikan pecahan Langkah-Langkah Teks Membuat Angklung. 

Hal-hal yg perlu diperbaiki dalam  pecahan ini ialah jenis kelimat. Kalimat yg harus digunakan ialah kalimat perintah. Selain itu , juga harus mempunyai ukuran dan batasan yg jelas. Maka dari itu , perbaikan yg sanggup ditawarkan untuk pecahan langkah membuah angklung adalah sebagai berikut:

Langkah pertama: Siapkan Bambu

1. Bersihkan batang bambu dari cabangnya.
2. Potong bambu sepanjang 5 meter (10 ruas).
3. Ikat potongan bambu , lalu simpan selama 1 tahun.

Langkah Kedua: Siapkan Rangka

1. Ambil batang bambu yg telah kering (setelah penyimpanan 1 tahun).
2. Potong sesuai dengan tiang palang , sebaiknya potongan rapi dan tegak lurus biar rapi Saat digetarkan.
3. Tatalah rangka seCaranya lurus biar tampak rapi Saat digantung.

Langkah Ketiga: Buat Tabung Suara

1. Pilih batang bambu kering dengan diameter yg diinginkan. Semakin besar nada yg dihasilkan semakin rendah.
2. Potong bambu dengan panjang yg dinginkanl Semakin panjang , maka semakin rendah nada yg dihasilkan.
3. Kupas pecahan atas calon tabung suara.
4. Buat takik pada dasar tabung untuk pengait ke tabung dasar.
5. Haluskan rautan tabung biar nada yg dihasilkan sesuai dengan yg diinginkan.

BACA JUGA : Contoh Teks Prosedur Membuat Angklung dengan Struktur yg Komplit

Bagian Penutup teks prosedur. Sebuah pecahan penutup teks mekanisme harus berisi kalimat yg memotivasi pembaca biar mau melaksanakan tindakan sesuai langkah-langkah yg telah dibuat. Penutup juga harus sesuai dengan isi teks mekanisme seCaranya keseluruhan. Maka pecahan pentutp teks mekanisme Caranya Membuat Angklung bisa berbentuk begini:

Jika kita ikuti masing-masing langkah , maka kita bakal sanggup membuat dan mempunyai angklung sendiri. Selamat membuat angklung , mari jaga warisan budaya luhur bangsa!
Demikian pola hasil melengkapi dan memperbaiki teks mekanisme Caranya membuat angklung. Semoga bermanfaat. Jangan lupa baca dan download contoh-contoh teks yg lain ya.

Subscribe to receive free email updates:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Teks Prosedur | Memperbaiki Dan Melengkapi Teks Prosedur 'Caranya Menciptakan Angklung' | Smp Pilpay"

Post a Comment