Makna Kata Toyib| Toyyiban| Toyyibin Dalam Bahasa Indonesia | Smp Pilpay

Kata Toyib identik dengan lagu yg berirama dangdut ,  Bang Toyib. Bang Toyib telah menjadi simbol seorang yg jarang pulang. Terbukti dari lagu Bang Toyib yg isi liriknya begini:

bang toyib... bang toyib...
Mengapa tak pulang-pulang
Anakmu... Anakmu panggil-panggil namamu

Sebenarnya , irama lagu dangdut tersebut yakni sebuah remake dari ya toyba yg dipopulerkan oleh Sulis. Lirik lagunya:

Ya toyba.. ya toyba...

Ya dawal hayanaa...

Nada dan irama yg sama juga dipakai oleh Gigi dikala menggubah Syair karya Taufik Ismail Pintu Sorga menjadi sebuah lagu:

pintu sorga... pintu sorga...
Di mana engkau berada...
Bagaimana Caranyanya...
Kita menemukannya...

Selain lagu-lagu di atas. Ada pula lagu yg terpengaruh oleh lagu-lagu di atas , yaitu Bukan Bang Toyib. Jelas dari pilihan kata yg dipakai yakni Bang Toyib adalah sosok orang yg tak pulang-pulang sudah tiga tahun (Tiga kali puasa , tiga kali lebaran , abang tak pulang-pulang sepucuk surat tak datang).


Sementara dalam lagu Bukan Bang Toyib , adalah ungkapan seorang suami kepada kekasihnya bahwa dia bukan bang toyib. Pergi pun untuk kembali dengan membawa nafkah membeli beras dan sebongkah berlian.

Tidak hanya dikenal dalam lagu , kata Toyib juga dikenal dari ungkapan-ungkapan yg berasal dari timur tengah dan ajaran-ajaran Islam. Misalnya ada ungkapan Baldatun Toyyibatun Warabbun Ghofuur. Ada pula istilah Attoyyibin lit toyyibaat. 

Makna Baldatun Toyyibatun Warabbun Ghofur seCaranya Praktis mampu diMaknakan begini: negeri yg anggun dan dimaafkan tuhan. Jadi jikalau diterjemahkan per kata maka berikut ini penjelasannya:

baldatun Maknanya negeri , kampung , wilayah. Bentuk lain dari kata ini yakni bilad.

Toyyibatun Maknanya bagus , bentuk lainnya yakni toyib , toyyibin (orang baik laki-laki) , toyyibat (orang baik perempuan).

warabbun (baca: Warobbun) kata dasarnya yakni robb , rabbun , rabbi. Maknanya tuhan. Imbuhan wa mempunyai Makna dan. 

ghafur (baca: ghofur) Maknanya memaafkan.

Makara , Makna baldatun toyyibatun warabbun ghofur seCaranya istilah seakan-akan dengan gemah ripah loh jinawi. Yaitu sebuah keadaan wilayah yg sangat makmur dan sejahtera , serta masyarakatnya damai. Makmur seCaranya ekonomi sekaligus makmur seCaranya sosial.

Sementara isitlah toyyibin lit toyyibat begitu sebaliknya toyyibat lit toyyibun. Makna sederhanya begini laki-laki baik-baik untuk perempuan baik-baik. begitu juga dengan perempuan baik-baik untuk laki-laki yg baik. 

Istilah ini dipakai untuk hal yg bersinggungan dengan jodoh. Makara , maksud dari istilah ini yakni jodoh orang baik pastilah orang baik pula. Maka jikalau ingin menerima jodoh yg baik-baik , maka harus memperbaiki diri sendiri.

Tidak hanya istilah dan lagu , toyyib juga ada kalanya dipakai untuk menyebut rasa masakan. Nah , Makna kata toyyib yg merujuk pada masakan tidak lagi mempunyai Makna baik atau bagus , tetapi lezat dan nikmat. 

Maka , adakah orang yg bernama Toyyib atau Toyib sepeti Bang Toyib. Pada dasarnya sama saja Maknanya dengan Bagus , Agus. Maknanya bagus. Sama halnya dengan lagu yg dipopulerkan oleh Sulis. Ya Toyba , jikalau orang Indonesia memberikan begini: Wahai Toyyib. Wahai orang yg mulia.

Toyib juga dipakai seorang presiden. Tepatnya Presiden Turki , Recep Tayip Erdogan.

Subscribe to receive free email updates:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makna Kata Toyib| Toyyiban| Toyyibin Dalam Bahasa Indonesia | Smp Pilpay"

Post a Comment