Siapa Pribumi Siapa Pendatang | Makna Pribumi Dan Penjelasannya | Smp Pilpay

Baru dilantik , baru berpidato , Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah memunculkan polemik dengan menyebut-nyebut kata 'pribumi'. Kata pribumi diasosiasikan sebagai lawan dari pendatang. Karena menggunakan kata pribumi maka , banyak orang yg menganggap bahwa , perkataan Anies Baswedan mengandung makna 'yg dulu bukan pribumi yg menguasai Jakarta'.

Lalu bersama-sama , apa Makna kata pribumi , apa penjelasannya dan bagaimana kemungkinan makna yg dimiliki oleh kalimat yg diucapkan oleh Anies Baswedan.


SeCaranya etimologis , pribumi adalah kata dalam bahasa Indonesia yg mempunyai Makna penghuni orisinil , yg berasal dari tempat yg bersangkutan. Ini pengertian dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Selanjutnya dalam pengertian dalam KBBI tersebut pribumi juga disamakan Maknaknya dengan inlander. 

Sementara , pembagian terstruktur mengenai yg terdapat dalam wikipedia berbahasa Indonesia , pribumi tidak hanya duduk perkara negara , tetapi duduk perkara kewilayahan saja. Pribumi mempunyai makna asala sebagai orang yg berasal dari wilayah atau negara yg bersangkutan. Lebih jelasnya lagi , batasan pribumi ialah orang yg lahir dari orang basi tanah yg lahir di tempat tersebut.

Ini referensi faktual , kakek saya ialah pendatang di dusun Mangaran desa Sukamakmur , berasal dari Jepara di Zaman Kolonial Belanda. Bapak saya ialah keturunan pendatang , lahir di dusun Mangaran. Sementara saya ialah orang yg lahir dari orang yg lahir di dusun Mangaran. BerMakna baru saya yg sanggup disebut sebagai pribumi di dusun Mangaran. Bapak saya masih 'keturuan pendatang' dan kakek saya ialah 'pendatang'.

Sebenarnya sesederhana itu pengertian pribumi. Jika dikembalikan kepada makna asalnya , dan dikaitkan dengan posisi Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta , berMakna Maksud dengan Pribumi sanggup jadi mempunyai batasan. Pribumi Jakarta. Karena bukan hanya masalah. Maka batasan itu sanggup dijabarkan sebagai berikut: Pribumi Jakarta ialah orang yg lahir dari orang basi tanah yg juga lahir di Jakarta.

yg menjadi duduk perkara ialah berapa persen penduduk Jakarta yg orang tuanya memang lahir di Jakarta? Sebagai kota besar , tentu banyak pendatang yg masuk ke Jakarta hingga kesudahannya menjadi warga Jakarta.

Nah , berkaitan dengan itulah istilah pribumi yg digunakan oleh Anies Baswedan sanggup menjadi istilah politis. Maka banyak penafsiran yg bekembang berkait dengan pidato Anies Baswedan tersebut. Ada yg memberikan Anies Baswedan mengorek luka lama. Karena Gubernur terpilih sebelumnya ialah 'orang cina'.

Sebenarnya ucapan Anies Baswedan juga sanggup sanggup dipahami sebagai , 'Ini saatnya orang Jakarta yg memimpin Jakarta'. Mengingat Ahok berasal dari Belitung , dan Djarot dari Blitar. Bukan Pribumi Jakarta.

Meskipun Anies Baswedan telah mencoba 'meluruskan' istilah yg digunakan , tapi terlanjur menjadi pembahasan. Setidaknya bangsa Indonesia sudah peka dengan istilah-istilah yg sensitif dan seharusnya juga lebih memahami istilah seCaranya menyeluruh termasuk di dalamnya ialah istilah 'pribumi'. Bukan asal menggunakan apalagi mengomentari ucapan orang sebelum membaca pengertian pribumi atau istilah lainnya.

Nilai Makna dan Sinonim Pribumi

Dalam serpihan ini tidak lagi dikaitkan istilah Pribumi dengan Ucapan Anies Baswedan. yg perlu disampaikan ialah istilah pribumi pernah menjadi suatu kebanggaan. Dibandingkan dengan inlander yg merupakan serapan dari bahasa Belanda.

Inlander dianggap sebagai istilah yg menghina dan merendahkan. Karena mempunyai Makna rendahan. Sementara selain menggunakan istilah pribumi ada pula istilah yg sering digunakan oleh penduduk Indonesia , yaitu istilah Bumiputra. 

Dalam Tesaurus Alfabetis Bahasa Indonesia yg diterbitkan oleh Pusat Bahasa , kata pribumi  bersinonim dengan dengan bumiputra , anak negeri , orisinil , bibit buwit (lihat Tesaurus Alfabetis Bahasa Indonesia halaman 453). Sementara kata pribumi mempunyai antonim asing.

Subscribe to receive free email updates:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Siapa Pribumi Siapa Pendatang | Makna Pribumi Dan Penjelasannya | Smp Pilpay"

Post a Comment