Latihan Menelaah Kesalahan Penggunaan Bahasa Dan Tanda Baca Berserta Alasan Dan Perbaikannya | Smp Pilpay

Kemampuan berbahasa Indonesia yg baik dan benar tidak bisa datang tiba-tiba. Sebuh kemahiran berbahasa sama saja dengan keterampilan-keterampilan lain , selain harus 'belajar' juga harus 'berlatih'.

Apa Perbedaan berguru dan berlatih? Bisa dilihat dan dibaca pada Maknakel yg berjudul: Perbedaan Belajar dan Berlatih | Makna Kata Beserta Contoh Penerapannya.

Nah , untuk bisa menggunakan bahasa Indonesia yg baik dan benar , khususnya penggunaan bahasa dan tanda baca , selain harus berguru perihal teori dan kaidah bahasa Indonesia juga harus mau berlatih , menemukan yg Keliru , mengetahui alasan mengapa sebuah kalimat dianggap Keliru. Kemudian mengatakan alternatif perbaikan yg benar.


Hal ini (latihan menemukan kesalahan dan mengatakan perbaikan) sudah ada dalam buku teks pelajaran Bahasa Indonesia untuk tingkat SMP/MTs. Dalam buku tersebut ada latihan bagi siswa untuk memperbaiki kalimat yg Keliru sehingga menjadi baik dan sesuai kaidah.

Berikut ini kalimat-kalimat yg Keliru tersebut:

1. Museum yaitu lokasi penyimpanan benda bersejarah.

2. Jika ditinjau dari bentuknya , maka terumbu karang dibagi menjadi tiga kategori.

3. Sesuai dengan peraturan yg ada , maka tidak boleh berburu di taman nasional Way Kambas.

Sebelum melaksanakan perbaikan , maka kita harus tahu mengapa kalimat di atas dianggap Keliru. Bakal kita bahas satu persatu kalimat di atas.

Kalimat 1

Museum yaitu tempat penyimpanan benda berserjah.

Kesalahan dalam kalimat di atas yakni penggunaan kata 'yaitu' yg tidak pada tempatnya. Kata 'yaitu' digunakan untuk merinci , bukan untuk menjelaskan. Selain penggunaan kata yaitu kesalahan yg kedua yakni penggunaan imbuhan pen- -an dalam dalam kata penyimpanan. Imbuhan pen- -an mempunyai Makna Caranya. Lebih tepat bila menggunakan imbuhan men- -an , yg mempunyai Makna melakukan.

Makara , perbaikan yg bisa bisa ditawarkan yakni kalimat: Museum adalah  tempat menyimpan benda bersejarah.

Kalimat 2

Jika ditinjau dari bentuknya , maka terumbu karang dibagi menjadi tiga kategori.

Kesalahan dalam kalimat di atas yakni penggunakan kata yg menyatakan korelasi syarat yg tidak tepat. Kata jika ... , maka.... digunakan untuk menghubungkan syarat. Sementara dalam kalimat di atas , antara frasa satu ditinjau dari bentuknya , dan frasa yg lain terumbu karang dibagi menjadi tiga kategori tidak mempunyai korelasi syarat. Maka , penggunaan jika .... , maka .... tidak diperlukan.

Makara , perbaikan yg bisa digunakan untuk memperbaiki kalimat di atas adalah: Ditinjau dari bentuknya , terumbuh karang dibagi menjadi tiga kategori.

Kalimat 3

Sesuai dengan peraturan yg ada , maka tidak boleh berburu di taman nasional Way Kambas.

Kesalahan kalimat di atas yakni adanya kata yg tidak penting. Kata tersebut yakni maka yg digunakan dalam frasa kedua. Selain itu , penggunan karakter kapital yg tidak tepat juga membuat kaliamt di atas Keliru.

Perbaikan untuk kalimat di atas adalah: Sesuai peraturan , tidak boleh berburu di Taman Nasional Way Kambas.
Demikain referensi alasan dan perbaikan kesalahan penggunaan bahasa dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat! 

Subscribe to receive free email updates:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Latihan Menelaah Kesalahan Penggunaan Bahasa Dan Tanda Baca Berserta Alasan Dan Perbaikannya | Smp Pilpay"

Post a Comment