Struktur Teks Prosedur | Macam Dan Penjelasan Strukturnya | Smp Pilpay

Seperti halnya jenis teks yg lain , teks mekanisme mempunyai struktur juga. Jika teks deskripsi hanya mempunyai satu jenis struktur , dan teks fantasi mempunyai satu jenis struktur teks. Teks Prosedur mempunyai dua jenis struktur teks sesuai dengan jenis strukturnya.

Teks mekanisme dalam bahasa Indonesia dibagi menjadi dua jenis utama , yaitu Caranya membuat dan Caranya melakukan.


Teks Prosedur Caranya membuat yakni teks mekanisme yg berisi tahapan dan langkah-langkah untuk membuat sesuatu. Maka hasil simpulan dari tahapan sebuah teks mekanisme yakni sebuah produk. yg termasuk dalam teks mekanisme Caranya membuat antara lain , Resepnya kuliner , Caranya membuat jamu dan obat tradisional , serta Caranya membuah hasil karya yg lain.

Teks Prosedur Caranya melakukan  yakni sebuah teks mekanisme yg berisi tahapan untuk melaksanakan sesuatu tindakan , gerakan , pekerjaan , atau hal. Hasil simpulan teks mekanisme jikalau diikuti langkah-langkahnya maka bakal menghasilkan 'kemampuan' dan 'ke-bisa-an' yg melakukan. Makara tidak menghasilkan produk atau barang baru. Tentu struktur ini mempunyai perbedaan dibanding struktur teks mekanisme Caranya membuat.

Struktur Teks Prosedur Caranya Membuat

SeCaranya gampang , teks mekanisme Caranya membuat dibagi menjadi empat bagian. Empat cuilan inilah yg disebut sebagai struktur , yg meliputi:

1) Tujuan
2) Bahan dan Alat
3) Langkah-langkah
4) Penutup

Struktur Teks Prosedur Caranya Melakukan Suatu Pekerjaan

Berbeda dengan teks mekanisme Caranya membuat , struktur teks mekanisme Caranya melaksanakan suatu pekerjaan hanya terdiri dari tiga cuilan yaitu:

1) Tujuan
2) Langkah-langkah
3) Penutup

Jadi , antara struktur teks mekanisme Caranya membuat , dan struktur teks mekanisme Caranya melaksanakan ada perbedaan di cuilan bahan dan alat. Teks mekanisme Caranya membuat membutuhkan bahan dan alat. Karena membuat sesuatu maka , bahan dan alat perlu dijelaskan juga.

Meskipun teks mekanisme Caranya melaksanakan sesuatu acapkali juga memerlukan alat , tetapi tidak memerlukan penjelasan dan cuilan khusus untuk mernci alat tersebut.


Misalnya , sebuah teks mekanisme yg berjudul Caranya Mematikan Komputer dengan Benar pasti membutuhkan alat yg berupa perangkat komputer yg Komplit. Tetapi dalam teks prosedurnya tidak perlu dijelaskan alasannya yaitu semua alat itu sudah dalam keadaan 'normal' dan tidak perlu diolah.

Berbeda dengan teks mekanisme Caranya membuat. Misalnya , dalam teks mekanisme Caranya membuat Obat Tradisional Insomnia. Dalam teks tersebut dibutuhkan materi berupa daun ilalang. Maka , harus dijelaskan terlebih dahulu dalam struktur teks mekanisme yg berupa bahan dan alat. Daun ilalang yg bagaimana yg dibutuhkan dalam proses tersebut , dan seberapa banyak yg dibutuhkan.

Demikian penjelasan perihal struktur teks mekanisme yg benar. Semoga dengan mengetahui struktur ini , kita bisa menulis teks mekanisme yg benar.

Subscribe to receive free email updates:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Struktur Teks Prosedur | Macam Dan Penjelasan Strukturnya | Smp Pilpay"

Post a Comment