Soal Matematika

Mungkin setiap kita akan melihat kata anggun selalu disematkan pada makhluk yang berjulukan wanita, meskipun bahwasanya kita juga sanggup menyampaikan aurora yang cantik walaupun aurora itu bukan wanita. Tetapi di matematika pun bahwasanya kita juga sanggup menyematkan kata anggun sebagai pemanis pada kalimat soal matematika. Soal matematika yang cantik, apa maksudnya ya !
Kalau berdasarkan saya sebuah soal itu dikatakan anggun kalau :
1. Soal tersebut biasanya memakai angka " yang bagus " sehingga untuk menyelesaikannya kita tidak perlu memakai alat bantu hitung apapun. ( Soal yang akan keluar di Ujian Nasional pun akan menyerupai ini, makanya dalam tata tertib pada halaman pertama di soal Ujian Nasional ada larangan untuk memakai alat bantu hitung )
2. Soal sanggup diselesaikan dengan banyak jalan.( artinya kita tidak terpaku dengan dengan satu cara, kita sanggup menuntaskan soal tersebut tergantung dengan cara apa yang dipahami oleh kita )
3. Soal akan membutuhkan waktu yang usang kalau dikerjakan dengan cara yang seharusnya, tetapi kalau pemahaman kita terhadap bahan sangat berpengaruh maka soal sanggup diselesaikan dengan sebuah "trik".
4. Anda mau menambahkan ngga, ...

Ok, berikut ini ialah teladan soal matematika yang cantik.
1. Diketahui fungsi f(x) = ³log ( 2x + 1 ). Jika f⁻¹(a) = 4 maka nilai a = ….
Soal matematika ini kalau diselesaikan berdasarkan urutan pekerjaan maka anda harus mencari invers dari fungsi f(x), kemudian kalau sudah ketemu fungsi invers f(x) nya maka langkah selanjutnya anda harus melaksanakan substitusi nilai a pada fungsi invers.
Dari sini akan ada sebuah persamaan eksponen sederhana, gres sesudah menuntaskan persamaan tersebut anda sanggup mendapat jawabannya.
Nah beda kalau anda kemudian memahami bahan fungsi dengan baik. Kita tahu bahwa kalau p merupakan anggota dari kawasan asal fungsi f(x) maka q contohnya ialah anggota kawasan hasil dari fungsi f(x), maka kita sanggup tuliskan f(p) = q.
Sebaliknya untuk fungsi inversnya maka kita akan dapati kalau q merupakan anggota dari kawasan asal fungsi f⁻¹(x) maka p ialah anggota kawasan hasil dari fungsi f(x), maka kita sanggup tuliskan f⁻¹(q) = p.Dari soal diketahui f⁻¹(a)=4, ini berarti f(4)=a.
Dari soal kita sanggup f(x) = ³log ( 2x + 1 ), alasannya ialah f(4)=a maka kalau kita substitusi didapat
f(4) = ³log ( 2.4 + 1 )= ³log 9 = 2 = a ( Ehm, gimana berdasarkan anda anggun ngga ni soal )
2. Diketahui kurva xy = 3 dan garis x = 4 – y. Volume benda putar yang terjadi kalau kawasan yang dibatasi kedua kurva tersebut kalau diputar sejauh 360 mengelilingi :
a. sumbu x
b. sumbu y
Nah untuk no 2 ini saya serahkan ada untuk menyelesaikannya, agar anda sanggup mencicipi dimana cantiknya soal matematika tersebut.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Soal Matematika"

Post a Comment