Contoh teks mekanisme kompleks
Cara Membuat Nasi Goreng Sederhana
Tujuan :
Di bawah ini merupakan cara untuk menciptakan nasi goreng. Sesuai dengan namanya “Nasi Goreng Sederhana” berarti nasi goreng yang dibentuk pada keadaan kepepet serta materi seadanya. Unutuk kalian yang ingin mencoba menciptakan nasi goreng ini kalian sanggup siapkan bahan-bahan dan ikuti langkah-langkah sebagai berikut:
Material :
Bahan-bahan yang disiapkan :
· Sepiring nasi
· 2 siung bawang merah, 1 siung bawang putih, daun bawang (loncang), cabai rawit, bawang goreng, telur ayam.
· Kecap bagus satu sendok teh garam, kaldu bubuk.
Langkah- langkah :
Langkah-langkah yang dilakukan :
· Haluskan cabai rawit, bawang merah, bawang putih, dan iris daun bawang.
· Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum kemudian masukan irisan daun bawang.
· Lalu masukan nasi
· Lalu masukan telur,kecap bagus serta garam secukupnya aduk hingga merata.
· Setelah merata dan kecap kering, nasi goreng siap dihidangkan.
Contoh teks eksplanasi
Rokok
Pernyataan umum :
Rokok terbuat dari tembakau yang digulung memakai kertas khusus. Rokok juga mengandung nikotin dan materi berbahaya lainnya. Cara menggunkan rokok hanya dengan dibakar ujungnya, kemudian dihisap dari belahan pangkal. Rokok cukup diminati lantaran berdasarkan perokok aktif, terdapat sensasi tersendiri dari merokok.
Urutan alasannya ialah akibat :
Bahaya rokok sudah banyak dijelaskan dan dikampanyekan biar orang-orang sadar untuk berhenti merokok. Bahkan dibalik bungkus rokok tertulis akibat-akibat merokok biar orang-orang yang membelinya merasa jera. Pemerintah juga sangat menghimbau untuk tidak merokok lantaran sanggup mengakibatkan penyakit jantung, keguguran, masalah, dan anyir mulut. Selain itu merokok sanggup menciptakan orang menghindar terutama bagi yang tidak menyukai asap rokok.
Sebelum kita merokok, lebih baik melihat fakta imbas merokok, tidak hanya untuk perokok tetapi juga untuk non-perokok. Sekitar 50 ribu orang meninggal setiap tahunnya di Inggris. Sebagai akhir pribadi dari merokok. Ini ialah tujuh kali lebih banyak daripada janjkematian dalam kecelakaan di jalan. Hampir seperempat perokok mati yang disebabkan oleh merokok. 90% kanker paru-paru disebabkan oleh merokok. 99% orang menderita bronktis ialah merokok. Perokok dua kali lipat dan lebih mungkin meninggal lantaran penyakit jantung dari pada non-perokok.
Interpretasi :
Efek negatif rokok sanggup jangka pendek maupun jangka panjang. Memang untuk berhenti merokok sangatlah tidak mudah, lantaran sekali menghisap rokok kita niscaya akan ketagihan dan menciptakan mengonsumsinya terus-menerus. Namun kalau sudah mempunyai niat yang berpengaruh dan kesadaran tinggi, sebaiknya para perokok aktif ini didukung atas usahanya berhenti merokok.
UNSUR INTRINSIK CERPEN
· Tema : Adiwiyata
· Alur : Campuran
· Setting :
Tempat : Sekolah
Waktu : Pagi, siang, sore
Suasana : Mencekam, ramai, tenang, sepi
· Tokoh : Nayen, Kesya, Toni, Abigael, Stella, Warga kelas
· Penokohan : Nayen : Berkeribadiaan ganda
Kesya : Pendiam dan misterius
Toni : Orang yang ingin tahu segalanya
Stella : Bijaksana
Warga kelas : Bijaksana
Dengan metode analitik atau dengan memaparkan sifat tokoh secara langsung
· Sudut pandang : Orang ketiga serba tahu
· Amanat :
Buanglah sampah pada tempatnya dengan kesadaran diri sendiri
· Jumlah halaman : tiga halaman
Belum terlambat
Abstrak :
Siang itu di kelas XI MIPA 7 beberapa murid di kelas sedang memakan bekal makan siang dan menikmati jam istirahat dengan mengobrol sesama temannya. Nayen yang sedang duduk di dingklik depan meja guru, ia ialah ketua adiwiyata di SMAN 1 Hijau. Dia orang yan pendiam, keren, dan misterius. Ia menjabat sebagai ketua adiwiyata dikarenakan ketika kelas X dulu ia memenangkan lomba poster bertema adiwiyata tingkat nasional. Kemudian ada seorang wanita yang duduk di pojok kelas yang selalu duduk sendirian, ia lebih misterius daripada Nayen, namanya ialah Kesya. Ia ialah murid yang gres masuk ketika tahun pertama di semester ke dua, ia juga jarang bergaul dengan teman-teman sekelasnya dan jarang berbicara.
Orientasi :
Suasana kelas benar-benar damai ketika jam istirahat siang. Setelah tidak beberapa usang Toni seorang anggota di kelas membuang sampah makanannya lewat jendela kelas yang bersahabat dengan kawasan sampah, namun tidak masuk ke kawasan sampah. Melihat hal itu Nayen sebagai ketua adwiyata menegurnya, “ Kenapa kau membuang sampah lewat jendela?” tanya Nayen. Toni pun menjawab, “ Aku sedang sibuk, jadi saya buang lewat sana, kan kawasan sampahnya di bawahnya.” Nayen pun menyangkal tanggapan Toni, “Apa kau yakin? Padahal saya sudah memindahkannya ke kawasan bersahabat washtafel.” Sambil menyeringai. “Kenapa? Tidak boleh, ya?” tanya Toni meledek. “Sudahlah, mengalah saja jangan kelewatan, apa kau ingin kejadian itu terulang kembali?” kata Abigail menasihati Toni. Seisi kelas menengok ke arah Abigail dengan tatapan tajam, Kesya pun hanya bergumam, “Huh?” dengan mata yang sedikit sayu. “Bukankah setiap kelas yang dimasuki murid gres pada tahun pertama di semester ke dua itu ialah kutukan?” terang Abiagail. “Apa maksudmu ? itu sama sekali tidak masuk akal, kelas kita mempunyai murid yang lebih sedikit dibandingkan dengan kelas yang lain, jadi murid gres akan dimasukkan ke dalam kelas kita.” Jelas Nayen. “Siapa yang ingin kau bela ?” tanya Toni menguji. Nayen hanya memandang ke arah Kesya. “ Ah, begini saja bagaimana kalau kita buktikan adanya kutukan itu, siapa yang mau ikut ?” ajak Toni dengan penuh semangat. Ada sekitar delapan orang yang ingin membuktikannya. “Ceroboh sekali, kau ibarat keledai, apa kau tidak pernah mencar ilmu ?” terang Stella seorang ketua di kelas itu. “Iya terlalu berisiko, apa kauk tidak mengasihi nyawamu ?” terang salah satu anggota kelas yang pernah mengalami kejadian absurd di kelas X. Nayen pun meninggalkan kelas. “Ayo kita coba dengan membuang sampah sembarangan atau salah membuang sampah ke kawasan yang benar !” seru Toni. “Aku tidak ikut-ikutan bila terjadi apa-apa.” kata Abigail mengingatkan. “Aku hanya ingin mengambarkan bahwa orang itu lah yang membawa kesialan di kelas kita, coba saja pikirkan untuk alasan apa ia masuk ke sekolah ini ketika semester dua, sangat aneh.” terang Toni membantah.
Evaluasi :
Saat kelas X dulu, lebih tepatnya dimulai dari semester dua terdapat kejadian yang janggal menimpa satu orang setiap bulannya dan itu terjadi secara berurutan yang dialami oleh lima orang dalam lima bulan. Untuk orang yang pertama pada sepeda motornya tiba-tiba remnya blong dan menabrak kendaraan beroda empat di depannya dan tidak berangkat sekolah selama tiga minggu. Untuk orang ke dua ia tergigit ular ketika mengeluarkan buku dari tasnya dan tidak berangkat ke sekolah selama dua minggu. Orang yang ke tiga ia kehilangan kunci motor dan telepon genggamnya, namum ketika ditemukan teleponnya sudah hancur di jok motornya. Orang ke empat di teror dengan dengan pesan-pesan untuk melaksanakan tindakan kriminal dan diancam kalau tidak melakukannya, dan lantaran hal itu ia merasa stres dan hampir bunuh diri namun sanggup dicegah oleh keluarganya. Orang ynag ke lima ia tidak berangkat ke sekolah selama dua ahad namun dari rumah ia pamit akan bersekolah ketika ditanya tidak berangkat sekolah lupa atau tidak sadar kemana. Ke lima orang itu mendapat kesialan dikarenakan kutukan yang mereka simpulkan lantaran tidak membuang sampah ditempatnya dan kabar yang beredar adanya murid gres yang masuk di tahun pertama ketika semester dua.
Komplikasi :
Satu bulan berlalu sesudah perdebatan itu terjadi, dan kahirnya benar terjadilah kesialan-kesialan lagi yang terjadi setiap bulannya yang dialami lima orang dalam lima bulan secara berturut-turut. Mereka melaksanakan hal yang tidak sesuia dengan kegiatan adiwiyata yaitu tidak membuang sampah pada tempatnya dan membuang disembarang tempat. Kejadiannya pun terjadi sama persis ketika kelas X. Saat itu sudah berjalan ke bulan yang ke enam, terjadilah sebuah kejadian pada ketika itu ialah hari Jumat Kesya pulang jam 17.00, dikarenakan ada ulangan harian susulan matematika lantaran ia tidak berangkat sekolah lantaran sakit. Saat itu Kesya akan menuju ke kawasan parkiran di belakang sekolah. Sat akan menuju ke sana ia melewati kamar mandi ia melilhta jejak sepatu yang absurd berdebu tebal dan sangat kelihatan bahwa itu jejak kaki sepatu. Ia pun menelusuri jejak itu, sesudah berjarak seratus meter jejak itu berhenti di sebuah gudang, yang biasanya dipakai sebagai kawasan menyimpan barang bekas ynag sudah tak terpakai, ia pun membuka pintu gudang itu, dan ditemukannnya lah Nayen. “Oh, Nayen. Ternyata kau belum pulang, apa kau sedang melaksanakan kegiatan kerja untuk kegiatan adiwiyata ?” tanya Kesya. “ iya saya sangat sibuk untuk mempersiapkan kegiatan kerja kegiatan itu, kurasa kau juga harus membantuku.” Pinta Nayen, sambil mendekati Kesya. “Tentu sa- , tungguu dulu pakaianmu kotor sekali.” Jawab Kesya. Namun sesudah itu betapa terkejutnya ia melihat adonan semen dan melihat Toni dengan keadaan terikat dan lisan disumpal dengan kain, ketika memasuki ruangan itu. “Nayen, apa yang sedang kau lakukan ?” tanya Kesya ketakutan. Toni hanya membisu tak berdaya di dalam ruangan itu, ia menangis dan sangat ketakutan.” Hanya melaksanakan hal yang kecil untuk mengisi waktu luang, kau tahu hobi, kan ?” jawab Nayen. Dengan begitu Kesya pribadi lari dan berusaha meninggalkan Nayen, namun Nayen sanggup mengejarnya. Kesya ketakutan sambil berteriak meminta tolong. Saat hingga di depan kamar mandi Nayen sanggup mengejar Kesya dan membuatnya pingsan. Setelah sadar Kesya sudah diikat dengan tali dan mulutnya disumpal dengan kain, Kesya menangis dan benar-benar ketakutan. “Kau lihat Kesya, kau membuatku bekerja dua kali, saya harus manambah semennya lagi, saya tahu kau orang yang baik, tapi sayang kau sangat bodoh, kau bahkan tidak pernah menyadari perihal diriku. Aku melaksanakan ini buakn hanya untuk kesenangan saja saya hanya merasa sakit hati ketika orang membuang sampah sembarangan. Aku sering terbully ketika di Sekolah Menengah Pertama dulu saya sering disuruh untuk membuang sampah dan mengais-ngaisi sampah, mulai dari sana saya mulai memberikan perasaanku dengan sebuah lukisan yang saya buat lantaran saya tidak punya sahabat untuk bicara. Ah, saya malah nglantur sudahlah lupakan, apa kalian sudah siap Toni, Kesya akan ku buat kalian ibarat lukisan yang hidup dan akan ku buat dengan tema adiwiyata. Tenang saja, ini hanya sebentar.” Jelas Nayen panjang lebar. Kesya hanya terdiam, terkesima,dan ketakutan mendengar klarifikasi Nayen ia tidak habis pikir dan benar-benar salah menilai Nayen.
Resolusi :
Kemudian kepala sekolah datang, “Aku tidak pernah salah mencurigaimu, saya sudah mengetahui segalanya. Aku memamg sudah sengaja menjadikanmu ketua kegiatan adiwiyata untuk mewakili murid-murid Sekolah Menengan Atas ini, saya melakukannya biar lebih gampang mengawasimu. Dan tadi kebetulan saya mendengar jeritan wanita dan semua tak tikmu memang tepat selama satu tahun ini, memanipulasi CCTV dengan jabatanmu, namun kali ini kau melaksanakan hal yang kurang rapi dan tidak bersih. Aku akan membawamu ke dokter psikolog. Dan kau akan mengalami terapi rehabilitasi.” Jelas kepala sekolah Sekolah Menengan Atas itu.
Koda :
Dan pada risikonya Nayen menjalani terapi rehabilitasi selama dua tahun dikarenakan ia menjadi seorang psikopat. Saat-saat rehabilitas Kesya sering menemui Nayen unutk menjenguk dan berbicara aneka macam hal, Nayen sangat menyesal dan meminta maaf pada Kesya. Setelah dua tahun itu Nayen pun sanggup hidup normal sama ibarat sedia kala.
0 Response to "Contoh Teks Mekanisme Kompleks, Teks Eksplanasi, Dan Teks Cerpen"
Post a Comment