Pengaruh Kopi Bagi Lambung: Apakah Menyebatkan Sakit Maag?



Selama ini banyak orang memilih untuk tidak meminum kopi karna alasannya ialah "nanti takut sakit maag" atau "perut saya perih Jika minum kopi". sebenarnya apa sih hubungannya kopi dengan sakit maag? apakah bakal mensugesti asam lambung sehingga membuat perut sakit? kali ini teman kopi bakal membahas seCaranya lengkap di tabrakan pena kali ini.

Sebelum membahas efek kopi bagi lambung , alangkah baiknya jikalau kita mengetahui dulu apa sebenarnya penyakit maag itu , Sakit maag ialah yakni penyakit yang disebabkan karna lambung mengalami peradangan atau dinding lambung mengalami luka.

Sakit maag membuat penderita sulit menelan masakan dan bakal terasa sakit dikala diisi masakan terlebih jikalau tidak makan. Rasa nyeri ibarat tertusuk-tusuk sering menjadikan perut menjadi sangat perih dan terdapat asumsi yang memberikan bahwa minuman berkafein ibarat kopi mampu menjadikan dan memperparah rasa sakit tersebut.

Kandungan dalam kopi terdapat aneka macam senyawa , ibarat katekol dan kafein yang bersifat mengiritasi lambung serta mendorong produksi asam lambung. penelitian terkini menyebutkan bahwa kandungan dalam kopi memiliki bahan kimia penghasil asam yang mampu memperburuk penyakit maag.

Tetapi semua itu mampu diakali jikalau anda tetap ingin meminum kopi , gimanakah Caranyanya?

Saya sebenarnya memiliki penyakit maag , bahkan penyakit maag yang saya derita termasuk lumayan parah jikalau kambuh mampu membuat saya meringkuk seharian dikasur saking perihnya , namun saya masih mampu menikmati segelas kopi bahkan tiga gelas sehari , dari sini muncul pertanyaan bagi saya apakah benar meminum kopi mampu menjadikan sakit maag? jawabannya menurut saya ialah tidak masalah.

Saya tidak berani untuk memberikan pendapat bahwa penderita maag mampu meminum kopi begitu saja karna saya bukan dokter ataupun hebat kesehatan , namun saya hanya mampu menyarankan jikalau tetap ingin meminum kopi maka cobalah untuk berpindah jalur dari kopi robusta (ataupun kopi sachet lainnya karna biasanya Menggunakan kopi robusta) menjadi kopi arabika seCaranya perlahan.

Kandungan kaffein di dalam kopi arabika lebih rendah dibanding kopi robusta dan juga menurut pengalaman saya ketika meminum kopi robusta maka dengan seketika penyakit maag saya menyerang , perut pun terasa perih.

Saran berikutnya ialah jangan pernah meminum kopi disaat perut kosong , karna bakal menjadikan perut bakal terasa sakit walaupun kopi yang diminum ialah kopi arabika , setidaknya harus mengisi perut terlebih dahulu.

Saran yang terakhir ialah Menggunakan air yang bersih untuk menyeduh dan biji kopi segar yang siap santap pada waktu emasnya atau "the golden time" (nanti bakal saya bahas lebih lanjut di tabrakan pena berikutnya).

Mungkin kurang lebih pengalaman dan saran telah saya paparkan diatas , Agar mampu bermanfaat bagi teman kopi yang ingin menikmati kopi namun terhambat oleh penyakit maag dan ada lebih baiknya jikalau ragu untuk konsultasi ke dokter dulu. selain itu juga janganberlebihandalam meminum kopi , cukup dua sampai tiga gelas saja perharikarna sesuatu yang berlebihanitu tidak baik.

Selamat nyeruput sob!

Sumber http://sobatkopi.blogspot.com/
Advertisement

Baca juga:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengaruh Kopi Bagi Lambung: Apakah Menyebatkan Sakit Maag?"

Post a Comment